Selasa, 07 November 2017

BALE AYU RESTO, PIONEER MASAKAN GURAMENYA WONG YOGYA

Salah satu menu andalan Bale Ayu Resto.


Hanya satu kata. Meleleh.
Eitss...apanya dulu yang meleleh nih? Jadi kepo kan?

Gambar di atas itu lho. Gurame Bakar Madu yang membuat saya termehek-mehek. Apalagi saat mengeksekusi bagian kepalanya. Centi demi centi baluran bumbunya yang nyes, coba saya lumat. Tuntas. Tinggal cangkangnya saja. Hahaha.


Perpaduan sempurna antara gurame, sambel, dan lalapan.

Tak salah deh pilihan saya kali ini. BaleAyu Resto Jombor menuntaskan rasa lapar saya siang itu. Bersama teman-teman Komunitas Blogger Jogja (KBJ), Sabtu (28/10) yang terik tak lagi begitu berasa. Suguhan resto masternya gurame di Jogja ini memang begitu menggoda. Menggoda mata, sekaligus menggoda perut yang keroncongan. Maklumlah, berangkat dari Semarang pagi banget. Hanya sempat ngopi saja.


Bale Ayu Resto Jombor

Mas Yudi berbagi pengalaman mengelola Bale Ayu Grup.

Benar seperti apa yang disampaikan Mas Yudi, Direktur Bale Ayu Grup. Kini bertebaran resto dengan menu utama gurame di Jogja. Tapi cita rasa yang disuguhkan, pasti akan berbeda dengan menu gurame Bale Ayu Resto. Maklumlah, resto ini menjadi pioner masakan utama gurame di Yogya.

Hampir 9 tahun lamanya, Bale Ayu malang-melintang di dunia perguramean di Yogya. Membuka lapak pertama kali di Giwangan pada 19 Januari 2009. Sekaligus menjadi kreatornya masakan gurame dengan aneka rasa. Menu utama gurame menjadi andalannya. Bermitra dengan petani lokal Bantul, resto ini menyiapkan ikan gurame segar berkualitas.

Ternyata animo penggemar gurame cukup menggembirakan. Sehingga pada tahun 2011 membuka cabang di Timoho. Namun karena faktor teknis, akhirnya Bale Ayu Resto menghentikan kerjasama kemitraannya. Tapi, saat ini kok masih banyak pelanggan yang melihat bahwa resto tersebut beroperasi?
Nah, dapat dipastikan bahwa resto (di Timoho) tersebut bukan menjadi bagian dari Bale Ayu Resto Grup.

Pintu masuk nampak dari arah utara (perempatan Jombor).

Untuk menyiasati kegalauan pelanggan di Jogja bagian utara, dihadirkanlah Bale Ayu Resto Jombor. 11 November 2016 menjadi tanggal dibukanya resto ini. Dipilihnya Jombor sebagai lokasi tentu dengan berbagai pertimbangan. Diantara yang utama adalah, Jombor sebagai ‘pintu masuk utama’ menuju Kota Jogja dari arah utara. Sebagaimana Bale Ayu Resto Giwangan di Jl. Imogiri Timur sebagai ‘pintu masuk utama’ dari arah selatan.

Halaman parkir depan.

Berjarak hanya 200 meter dari Terminal Jombor. Tepat berada di pojok Jl. Magelang Km. 6,3 Jombor, di sisi selatan barat simpang lingkar Jombor. Sangat strategis dan mudah dijangkau dari arah mana saja. Ditambah dengan lahan parkir yang sangat leluasa.

Ruang outdooor samping.

Sementara untuk area restonya sendiri juga cukup luas. Selain ruang indoor, juga ada ruang outdoor. Ruang indoor sendiri menyediakan function room. Berbagai event pertemuan bisa diselenggarakan di sini. Sementara resto indoor utama bisa menampung ratusan pelanggan.

Sudut bermain anak-anak.

Jika Anda membawa anak-anak, tentu tak usah khawatir. Sebab disediakan juga pojok ruang bermain anak (play ground). Hal ini semakin menambah kenyamanan untuk menyantap menu-menu andalan.

Spot cakep untuk berfoto ria.

Sementara untuk aktivitas outdoor (untuk pesta kebun, dll.), disiapkan satu gazebo besar. Dengan bangunan yang artistik, membuat para pelanggan tak segan-segan untuk berfoto ria. Menambah kesan yang tak terlupakan bahwa pernah berada di sini. Jadi pingin juga kan?


Menu Gurame Andalan

Tinggal pilih yang mana.

Sebagaimana telah saya sebutkan sebelumnya. Masakan gurame menjadi menu utamanya. Artinya, makan di Bale Ayu Resto tak akan lengkap tanpa menikmati Cita Rasakan Masakan Gurame. Oleh karena itu, selain Gurame Bakar Madu, Gurame Bakar Terbangpun saya ‘sikat’ juga. Untuk yang terakhir itu, akan tambah sip dengan cocolan lalap plus sambalnya.
Meski untuk lidah medok suroboyoan, sambal standarnya belum sempat membuat saya ‘menagis. Huahaha.

Gurame terbang yang gurih.

Kemudian untuk menu gurame yang lain seperti apa? Untuk menjawabnya, baiknyalah Anda langsung meluncur ke Bale Ayu Resto Jombor. Tambah kepo kan? Hihihi.

“Tapi saya gak suka gurame.”

Aisss...jangan khawatir! Banyak menu lain selain gurame kok. Aneka masakan udang, cumi, ayam, mie, tahu, atau tempe bisa menjadi pilihan. Belum lagi menu pendamping yang tak kalah lezatnya. Sayur asem/kangkung/tauge akan memperlancar ‘perjalanan’ menuju perut. Cukup lengkaplah pokoknya.


Paket dan Promo Menarik

Di sini banyak promonya lho...

Untuk memanjakan pelanggan, Bale Ayu Resto Jombor menawarkan berbagai paket menarik. Diantara paket yang ditawarkan adalah Bale 5 Orang dan Paket Komplit 5 Orang. Dipatok dari harga 160 ribu untuk Bale 5 Orang. Sementara Paket Komplit 5 Orang, dipatok dari harga 260 ribu rupiah. Nah, mari berhitung!

Sementara promo menarik diantaranya adalah:
  1. Gratis baby gurame untuk anak-anak setiap Hari Jumat, mulai jam 10.00 sd. habis.
  2. Gratis balon untuk anak-anak setiap Hari Rabu, mulai jam 10.00 sd. habis.
  3. Wedhangan sakmantepe setiap Senin malam, mulai jam 18.00 sd habis. Dengan diiringin musik kecapi dan pesinden.
  4. Live music acoustic setiap Sabtu malam (malam Minggu), mulai jam 19.00 sd. 22.00.

Masih mau tahu lebih jauh? Bisa langsung kontak di 0274-623238. Atau yang berada di Jabodetabek, bisa kontak di 021-7490637. Sebab Bale Ayu Resto juga hadir di Tangerang Selatan.
Untuk pemesanan di Yogyakarta dan sekitarnya, saat ini bisa memesan lewat Go-Food. Jadi lebih praktis bukan?
.

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon