Sabtu, 22 Desember 2018

Belajar Content Creator Bersama Sahabat Keluarga


Suasana jelang pembukaan workshop. (Foto pribadi)
Terima kasih Mak Injul dan Mak Mir. Lewat undanganmu. Membawa diri ini dua malam (17 sd 20/12) berada di Hotel Jayakarta Yogyakarta. Berkumpul dengan emak-emak dan bapak-bapak bloger. Berbagi ilmu. Berbagi pengalaman. Berbagi cerita. Berbagi hahahhihi bersama.

Kamis, 20 Desember 2018

Pesen Stempel Kilat? Di Stempel Express Jogja Saja

M a u ?  (Foto stempelexpress)


Butuh stempel bagus. Mendadak lagi. Dipakai untuk jam satu siang. Sementara kepikirannya baru jam 11 siang.

Anda tinggal di seputaran Yogyakarta? Kini tak perlu cemas lagi. Sebab Stempel Express memberi solusi. Sejam saja pengerjaannya. Sebagaimana disampaikan oleh teh Eka Riani. Sang pemilik.

Senin, 10 Desember 2018

F O K U S

F o k u s . (Foto pribadi)


Sebuah tulisan dari Pipiet Senja. Salah seorang novelis kawakan Indonesia. Menggugah hati kita untuk selalu berbenah. Untuk selalu menghiassi kehidupan dengan nilai-nilai kebaikan.

Minggu, 09 Desember 2018

Ayah, Mau Kau Bawa Ke Mana Keluargamu?

Diantara tugas seorang bapak: menjaga dan mengasuh. (Foto pribadi)

Kamu seorang ayah? Kamu seorang kepala keluarga? Kamu punya rencana untuk keluargamu? Kamu punya rencana untuk memasukkan semua anggota keluargamu ke surga?

Sabtu, 01 Desember 2018

4 Golongan Manusia yang Tak Akan Disentuh Api Neraka

Saling bantu, saling dukung, saling menguatkan. (Foto pribadi)


(Rasulullah sallallahu ‘alaihi wassalam bersabda):

Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab:  tentu saja wahai Rasulullah! Beliau shallallahu ‘alaihi wasssalam menjawab: (Haram tersentuh api neraka orang yang) hayyin, layyin, qarib, sahl.

[HR. At Tarmizi dan Ibnu Hibban dsahihkan Al Albani]

Selasa, 02 Oktober 2018

Menginap Nyaman Di Homestay Arjuna 31 Jogja

Gerbang homestay nampak dari arah Jl. Arjuna.


Tak keren rasanya bila ke Jogja tak menginap. Sebab berapa ribu kalipun kamu ke Jogja, saya jamin tak akan bosan. Gak percaya?

Senin, 01 Oktober 2018

Kalender Event Jogja Oktober 2018

Photo backdrop di pintu utama Stasiun Tugu Yogyakarta. (foto dokpri)

Tak terasa. Bulan September sudah kita tinggalkan. Bulan Oktober pun sudah menunggu penuh harapan. Begitu juga dengan berbagai agenda wisata di Jogja dan sekitarnya.

Senin, 24 September 2018

Ayo Galakkan Pencegahan Stunting Demi Melindungi Generasi Bangsa!


Menuju IndonesiaSehat 2025, berarti perlu mempertimbangkan sejumlah lini pembangunan manusia. Seperti yang kita ketahui, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia berada di level yang cukup rendah. Tahun 2015 misalnya, berada di angka 108 dari 187 negara. Meski bukan angka yang aman, kabar baiknya adalah angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian, pembangunan manusia yang bertahap, berkelanjutan untuk mencapai tujuan Indonesia Sehat 2025 bukannya tidak masuk akal.

Kamis, 20 September 2018

Bergaya Hidup Dan #AksiSehatCeria Dengan Donor Darah




Suatu malam di bulan Oktober 1991. Kota Yogyakarta diguyur hujan sejak pagi. Pun demikian juga  di salah satu sudut kota. Markas komando PMI Kota Yogyakarta Kota Baru. Suasana cukup hening dan atis.

Sabtu, 08 September 2018

Omah Miring Kolam Renang Tirto Bantolo Sentolo

10 ribu pun menurut saya layak kok.

Kolam renang murah. Karcis masih lima (5) ribu rupiah. Tempatnya mudah dijangkau. Lokasinya bagus. Banyak pilihan kolam. Buat anak-anak maupuun yang dewasa. Di pinggiran Kota Yogya lagi.

Ah, masak ada?

Selasa, 04 September 2018

Mudahnya Transaksi Mandiri Online, Semudah Membikin Telur Ceplok


Ikon Mandiri Onlene di gawai penulis.


Di zaman modern seperti saat ini, semua hal menjadi lebih mudah. Berbelanja bisa dengan berguling di atas kasur saja. Begitu juga dengan belajar. Terlalu banyak hal yang bisa Anda pelajari. Bisa didapatkan dan rasakan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini.

Senin, 03 September 2018

Apa yang Terjadi Bila Bayi Tidak Diimunisasi Sama Sekali?

Imunisasi. Salah satu ikhtiar terbaik untuk anak kenapa tidak?


Akhir-akhir ini di jagat media sosial kita sering melihat perdebatan antara kubu pro vaksin dengan kubu kontra vaksin. Kubu pro vaksin adalah pihak yang dengan rela mengikuti vaksin karena tahu apa yang akan terjadi pada anaknya apabila tidak diimunisasi. Sedangkan kubu anti vaksin adalah pihak yang dengan tegas menolak imunisasi, karena hal-hal tertentu seperti kandungan dalam vaksin yang "diharamkan" menurut kepercayaannya dan lain-lain.

Sabtu, 01 September 2018

Sang Pemimpin


Kajian Subuh Pagi hari ini sungguh menarik. Tentang tipologi pemimpin yang dicontohkan oleh figur Rasulullah. Kemudian dilanjutkan oleh 4 orang khalifah. Menyusul para sahabat dan pengikut sahabat lainnya.

Jumat, 03 Agustus 2018

Ini Keunggulan Asuransi Syariah

Tags
Memberi hadiah karyawan dg asuransi syariah, tentu akan membahagiakan bukan?


Ingin mengikuti program asuransi namun takut asuransi yang dimaksud tidak sesuai dengan syariat Islam? Jangan khawatir, karena sekarang telah hadir asuransi syariah. Apa itu asuransi syariah dan apa saja keunggulannya?

Ganti Lensa di Optik Medika Paciran Lamongan

Optik Medika, kecil namun pelayanannya bagus.

Kacamata. Entahlah, mengapa semua anak-anak kami berkacamata? Kecuali si bungus tentu saja. Masih 2 tahun dan belum bisa baca.

Rabu, 01 Agustus 2018

Diet Karbohidrat Bukan Berarti Tidak Makan Karbohidrat Sama Sekali, Loh!

Menu diet hari ini. Mau? 



Secara umum, diet karbohidrat adalah salah satu jenis diet yang mengurangi makanan mengandung karbohidrat. Secara umum, diet karbohidrat ditujukan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan glukosa yang biasanya digunakan untuk sumber energi bagi tubuh. Lantas, bila tidak menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar utama, maka bagaimana tubuh akan bergerak?

Senin, 30 Juli 2018

Bagaimana Sistem Nisbah di Bank Syariah?

Tags
Aman dan nyaman dg menabung di bank syariah.



Nisbah atau bagi hasil merupakan sistem yang digunakan oleh Bank Syariah. Jadi, bank syariah tidak menggunakan bunga, melainkan keuntungan dari satu usaha yang kemudian dibagi hasilnya sesuai aturan syariah.

Jumat, 27 Juli 2018

Alasan Kuat Mengapa Anda Harus Mulai Menabung Sejak Kini

Tags

Menabung sejak usia dini. Berhemat sekaligus berlatih mandiri.

Kapitalisme dan materialisme begitu kuat mengakar di masyarakat. Semua hal akan dinilai dengan materi, dan semuanya dinilai dengan harga. Belum lagi gaya hidup kekinian yang terkenal boros dengan gaya hidup konsumtif.

Selasa, 24 Juli 2018

Hotel Phoenix Yogyakarta: 100 Tahun Merawat Sejarah

Gender barung dan gender penerus menjadi kawan bagi mereka yg sedang bersantap pagi.

Hawa adem menyeruak. Seulas senyum ramah menyambut. Saat langkah kaki memasuki The Phoenix Yogyakarta. Ini untuk yang ke-2 kali saya ke mari. Setelah hampir 20-an tahun berselang.

Tak banyak yang berubah. Bangunan tua nan eksotik. Interior khas. Tak dijumpai di hotel bintang 5 lainnya. Satu diantara dua hotel tertua di Yogyakarta. Sangatlah pas, bila hotel ini masuk jajaran luxury brand-nya grup AccorHotels. Menjadi koleksi hotel MGalery by Sofitel pertama di Indonesia.

Kamis, 05 Juli 2018

Airy Room Yang Saya Suka

Transkrip chart room (1).

Seperti biasa. Rutinitas pagi dengan buka leptop. Pertama yang saya buka adalah imel. Ada 3 akun wajib yang mesti saya tengok. 2 akun pekerjaan. 1 akun pribadi. Meski bukan pribadi banget. Sebab si sulung saya beri akses juga. Bila kondisi emergensi.

Senin, 11 Juni 2018

Produk Pegadaian Syariah yang Perlu Anda Tahu

Tags
Mengatasi masalah tanpa masalah. [foto dok. jateng tribunnews]


Pernah dengar pegadaian syariah? Yah, pegadaian syariah adalah pegadaian yang menggunakan konsep syariah atau mengikuti hukum Islam. Pegadaian syariah tentunya memiliki perbedaan dengan pegadaian konvensional. Dari sumber dana yang harus dipastikan kehalalanya, kemudian akad yang terdiri dai rahn dan ijarah sesuai syariah, dan pengenaan tarif berdasarkan taksiran marhun.

Senin, 04 Juni 2018

Terdepan Tak Harus Pertama

Tags
Edmund Hillary (kiri) dan Tenzing Norgay (kanan). dok: nationalgeograhic

Siapa sih yang tak tahu Gunung Everest? Salah satu gunung tertinggi di Pegunungan Himalaya. Dimana sejarah mencatat. Bahwa pada tahun 1953, untuk pertama kali puncaknya dijamah. Puncak dengan ketinggian 8.824 meter. Sat titik tertinggi di permukaan bumi.

Kamis, 31 Mei 2018

M A R A H

Tags

Seorang anak kehilangan sepatunya di laut. Lalu dia menulis di atas pasir pantai: LAUT INI MALING.

Tak lama kemudian, datanglah nelayan. Membawa tangkapan ikan begitu melimpah. Lalu dia menulis di atas pasir pantai: LAUT INI BAIK HATI.

Rabu, 16 Mei 2018

Di Mana Anak-anak Itu Kini Berada?

Tags
Anak-anak berlarian di depan shaf. (dok news.moslemcommunity.net)

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam datang ke masjid. Beliau tidak sendirian. Namun ditemani  oleh dua cucu kesayangan. Hasan dan Husein.

Beliau menjalankan tugas sebagai imam seperti biasanya. Menempatkan Hasan dan Husein di sampingnya. Melakukan takbiratul ihram untuk mengawali shalat. Hingga pada gerakan sujud. Di sinilah Rasulullah begitu lama dalam bersujud. Tidak seperti biasanya.

Kamis, 10 Mei 2018

Toko Cat Lancar Bukan Bukan Toko Cat Biasa

Suasana jelang pembukaan Paint Expo 2018 di Atrium Amplaz. (dok. pribadi)

Apa sih gambaran Anda tentang toko cat?

Mungkin persepsi Anda sama dengan saya. Toko yang menjual aneka ragam cat. Atau toko bahan bangunan, yang juga menjual cat. Itu saja kan?

Sabtu, 05 Mei 2018

JAHATNYA BOLU SUSU MERAPI



Jogja dan kuliner. Dua kata yang tak dapat dipisahkan. Seperti halnya enak dan murah. Kok bisa demikian?

Bisa dong. Apa sih yang tidak bisa di Jogja. Dikenal sejak zaman dahulu bahwa Jogja adalah surganya pecinta kuliner. Panganan tradisional begitu beragam. Baik makanan berat maupun ringan begitu mudahnya ditemukan. Ditambah lagi dengan harganya yang cukup akrab di kantong.

Rabu, 25 April 2018

Anakmu, Bukan Anakku

Reptil buas ini akan 'manut' sebab telah dilatih sejak bayi. (foto pribadi)

"Bajul ae isok diatur. Lha iki arek mosok gak kenek diatur blas," setengah berbisik mas Agung, sebut saja demikian, mengarahkan pandangan ke arah saya.

"Mbuh, Mas. Ngene iki yo andile wong tuwo gede banget. Arek diumbar ae, yo ngunu iku hasile. Kene dadi tonggone sakdermo mek ngilingno. Ngunu ae kadang wong tuwane gak trimo."

Senin, 23 April 2018

Tips Sederhana Masuk Halaman Utama Google

Masuk halaman utama Google, siapa takut? (foto pribadi)

Sebenarnya banyak artikel yang membahas cara menembus halaman satu Google. Atau bagaimana agar artikel kita masuk halaman utama Google. Namun saat kita coba, ternyata tidak mempan-mempan juga. Jauh panggang dari api. Tidak juga artikel kita masuk halaman satu utama Google. Apalagi masuk halaman pertama Google. Tentu hal itu membuat kita bete berat bukan?

Jumat, 20 April 2018

Sembutopia Untuk Indonesia Yang Sehat



Sahabat semua. Siapa sih yang tak ingin hidup sehat? Lalu seberapa besar keinginan kita untuk hidup sehat? Kemudian, langkah apa saja yang telah kita lakukan untuk hidup sehat?

Senin, 09 April 2018

CIKIS YANG TAK BUAT KANTONG TIPIS

Outlet Cikis Cake & Bakery, Jl. Pringgokusuman 16 Yogyakarta.


Yogyakarta kota kuliner. Rasanya julukan ini cukup layak disematkan. Tak hanya ratusan. Mungkin sudah ribuan. Aneka macam warung, kafe, resto, kedai, atau angkringan bermunculan di kota ini.

Seiring padatnya penghuni, padat pula tempat untuk memenuhi kebutuhan makannya. Sangat wajar. Ditambah 'kebutuhan eksis'-pun menjadi salah satu daya dorong. Bergesernya aspek sosial. Dimana kebutuhan memakan tak hanya makan. Menunjukkan makanan atau tempat makan fovorit juga menjadi kebutuhan juga.

Jumat, 06 April 2018

Berbagi Motivasi Menuju Indonesia Maju

Flash Blogging 2018 di Yogyakarta.


Membangun dan mengabarkan.  Dua hal yang kadang tidak berjalan beriringan. Hal ini pula yang mendorong Kementerian Informasi RI membuat terobosan kreatif. Bagaimana agar kabar pembangunan ini dapat diterima informasinya oleh masyarakat.

Rabu, 07 Maret 2018

Cuci Mulut dengan Buah atau Makan Buah Terlebih Dulu Sebelum Makan?

Buah pisang yang disajikan dengan berbagai variasi.


Kebiasaan orang Indonesia adalah memakan buah setelah makan. Bahkan di acara-acara seperti hajatan dan sebagainya, buah-buahan juga disiapkan sebagai panganan setelah makan besar. Istilahnya, cuci mulut.

Senin, 05 Februari 2018

5 Hal Penting Untuk Mewujudkan Lingkungan Sehat

Lingkungan indah, bersih, dan tertata rapi tentu menjadi idaman semua.


Lingkungan sehat menandakan warga yang sehat. Mustahil mewujudkan masyarakat yang sehat apabila lingkungannya tidak sehat. Apalagi, penyakit dan kuman bisa hidup dengan sangat baik dan berevolusi dengan cepat di lingkungan yang tidak sehat.

Selasa, 16 Januari 2018

3 Inti Germas Untuk Jaga Kesehatan Anda

Makan buah. Seolah masih menjadi barang mewah.


Menjaga kesehatan menjadi sangat penting, mengingat kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani pada bulan November 2017 silam mencanangkan gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Rabu, 10 Januari 2018

Tips Untuk Anda yang Ingin Berinvestasi Dinar

Tags
Koin  dari 1, 5, hingga 10 Dinar.


Ingin mencoba investasi dinar? Tentunya ini menarik dicoba karena investasi dinar memiliki standar yang terukur. Sekeping dinar tersebut adalah emas 22 karat dengan berat 4,25 gram. Selain itu, karena berupa emas, tentunya investasi ini sanggup melawan inflasi, ketimbang investasi dalam bentuk uang.