Selasa, 16 Januari 2018

3 Inti Germas Untuk Jaga Kesehatan Anda

Makan buah. Seolah masih menjadi barang mewah.


Menjaga kesehatan menjadi sangat penting, mengingat kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani pada bulan November 2017 silam mencanangkan gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Gerakan satu ini intinya adalah menjaga kesehatan dan menghindari resiko terkena penyakit. Tentu saja, karena penyakit atau beban penyakit yang menimpa seseorang tentu menurunkan produktifitasnya. Apabila terjadi dalam jumlah banyak dengan banyak penderita, maka itu berarti menurunkan produktifitas secara signifikan.

Seperti yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo dan diterangkan oleh Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, bahwa Germas ini sejatinya dicanangkan untuk penguatan pembangunan kesehatan, dengan melibatkan seluruh masyarakat secara aktif.

Nah, apa inti utama dari Germas ini? Tentunya ada beberapa tahap Germas ini, dan pada tahap pertama secara intinya ada 3 hal saja. Pertama, Anda musti berolahraga atau melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari. Selanjutnya, konsumsi buah dan sayur tentunya yang menutrisi tubuh musti dilengkapi.

Jalan kaki. Aktivitas yang murah dan menyehatkan.

Tapi, itu saja tidak cukup. Anda memerlukan satu hal lagi, yakni rutin memeriksakan kesehatan ke dokter minimal 6 bulan sekali atau 1 tahun 2 kali. Nah, mudah bukan? Sudahkan Anda menjalankan 3 hal di tahap satu itu? Bila sudah, selamat menikmati pola hidup sehat. 

Bagi yang belum, ada beberapa tips untuk memulai tiga point di atas dengan lebih nyaman dan tentunya mudah. Pertama, daftarkan keluarga Anda ke asuransi kesehatan, atau bisa juga menggunakan program Pemerintah yakni Kartu Indonesia Sehat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan dokter keluarga yang bisa menjadi tempat memeriksakan kesehatan secara rutin 6 bulan sekali. Tentunya, dengan biaya yang jauh lebih murah, loh. Meskipun Anda dari keluarga kurang mampu sekalipun.

Kedua, kalau belum terbiasa untuk makan sayur dan buah, maka mulailah dengan minum jus. Jus yang dinikmati tentunya lebih nikmat dan nutrisinya sama. Kalau sudah terbiasa dengan minum jus, maka Anda akan terbiasa untuk makan buah dan sayur.

Sedangkan cara ketiga, bila Anda tidak sempat untuk melakukan aktifitas fisik, maka saat memarkirkan kendaraan Anda di tempat kerja, sekolah atau kantor, parkirkan di tempat yang cukup jauh, sehingga Anda masih perlu berjalan kaki menuju tempat tujuan. Bila itu Anda lakukan, dengan jarak hanya sekitar 50 - 100 meter saja, maka Anda sudah berjalan sekitar 15 menit - 25 menit dan bolak-balik berarti sekitar 30 - 50 menit. Cukup untuk memberikan tubuh Anda gerakan dan menghasilkan keringat, bukan? 

Silahkan dicoba!


Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon