Senin, 05 Februari 2018

5 Hal Penting Untuk Mewujudkan Lingkungan Sehat

Lingkungan indah, bersih, dan tertata rapi tentu menjadi idaman semua.


Lingkungan sehat menandakan warga yang sehat. Mustahil mewujudkan masyarakat yang sehat apabila lingkungannya tidak sehat. Apalagi, penyakit dan kuman bisa hidup dengan sangat baik dan berevolusi dengan cepat di lingkungan yang tidak sehat.


Akibat dari penyakit dan kuman tersebut, maka akan ada korban atau penderita yang terjangkit salah satu jenis penyakit. Bila penyakit yang dimaksud adalah penyakit menular, maka sangat berpotensi untuk menyebar ke masyarakat lainnya. Selanjutnya, akan ada banyak yang jatuh sakit.

Untuk menghindari itu, ada lima hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk membentuk lingkungan sehat. Kelima hal tersebut adalah:
1. Manajemen sampah
2. Saluran air
3. Sarana kakus
4. Tumbuhan hijau
5. Pengelolaan limbah.

Manajemen sampah berarti tidak hanya sekedar tempat pembuangan sampah, tapi juga tersedianya pengelolaan sampah. Sampah organik dan sampah anorganik tentu berbeda pengelolaanya. Bila sampah organik bisa didaur ulang, maka sampah anorganik perlu dimusnahkan. Sampah yang hanya menumpuk akan menyebabkan lingkungan menjadi tercemar.

Selanjutnya saluran air, baik saluran pembuangan maupun pengaliran. Keduanya sama-sama tidak boleh tersumbat. Sebab, bila saluran air tersumbat, maka akan muncul genangan air yang membuat air tersebut menjadi tercemar.

Sarana kakus, juga ditujukan untuk menjaga saluran air agar tidak tercemar. Meski Anda melihat bahwa sarana kakus ada di banyak rumah, namun di daerah pedalaman dan pedesaan misalnya, ternyata sarana kakus tetap sulit didapatkan. Sarana kakus yang sempurna tentu diperlukan untuk menjaga lingkungan sehat.

Hijau dan harmoni alam yang tercipta. Adem bukan?

Tumbuhan hijau juga diperlukan untuk menciptakan udara yang asri dan sehat. Tumbuhan menghadirkan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, tumbuhan menjadikan udara lebih sejuk dan asri.

Terakhir, pengolahan limbah. Terutama untuk industri, baik industri rumah tangga, maupun industri besar. Pencemaran saluran air dan udara akibat limbah tersebut menjadikan lingkungan menjadi tidak layak huni. Jadinya, sangat diperlukan adanya tindakan untuk mengolah limbah tersebut agar tidak mencemari lingkungan.

Tentunya, Anda tidak bisa sendirian untuk mewujudkan hal tersebut. Perlu kerjasama dari berbagai lapisan untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan yang sehat.


Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon