Rabu, 07 Maret 2018

Cuci Mulut dengan Buah atau Makan Buah Terlebih Dulu Sebelum Makan?

Buah pisang yang disajikan dengan berbagai variasi.


Kebiasaan orang Indonesia adalah memakan buah setelah makan. Bahkan di acara-acara seperti hajatan dan sebagainya, buah-buahan juga disiapkan sebagai panganan setelah makan besar. Istilahnya, cuci mulut.


Buah yang sering dijadikan makanan penutup alias cuci mulut ini juga beragam, mulai dari semangka, jeruk, anggur dan lain sebagainya. Kesamaannya adalah memiliki serat yang tinggi mengandung air serta memiliki vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Namun belakangan, santer terdengar bahwa makan buah sehat sebaiknya dimakan lebih dulu, sebelum makan nasi. Nah, mana yang lebih baik, makan buah sebelum makan nasi, atau sesudah makan sebagai pencuci mulut?

Secara umum tidak ada hal yang berbeda, makan buah sehat akan tetap memberikan nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Makan buah juga akan menyempurnakan tambahan zatyang dibutuhkan tubuh setelah makan nasi yang kaya kalori, protein, lemak dan sebagainya. Bahkan, Anda juga sangat dianjurkan makan buah, baik sebelum maupun sesudah makan nasi.

Hanya saja, makan buah sehat sebelum makan nasi memberikan keuntungan bagi Anda yang sedang diet. Sebab, dengan makan buah sebelum makan utama, menjadikan kemungkinan perut Anda menjadi setengah kenyang atau berisi, sebelum makan. Hal itu disebabkan oleh air, serat dan kandungan buah lainnya. Hasilnya, Anda akan mengambil nasi atau makanan utama dalam jumlah yang pas, tidak terlalu banyak.

Meski demikian, tidak ada kerugian yang begitu besar bila makan buah sehat di akhir makan. Hanya saja, makan buah sehat di awal akan memberikan porsi makan utama yang tidak terlalu banyak. Bila Anda sudah terbiasa makan buah sesudah makan, tentu hal tersebut bukan masalah yang berarti.

Satu-satunya masalah adalah fakta bahwa masyarakat Indonesia saat ini sangat kurang makan buah sehat dan sayur-sayuran. Mayoritas rakyat Indonesia, seperti diungkapkan beberapa sumber, masih sangat rendah asupan buah dan sayur yang berpengaruh pada tingkat kesehatan masyarakat.

Nah, bila Anda selama ini bingung kapan waktu yang tepat makan buah? Sekarang, jangan bingung lagi, yah!



Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon