Jumat, 06 April 2018

Berbagi Motivasi Menuju Indonesia Maju

Flash Blogging 2018 di Yogyakarta.


Membangun dan mengabarkan.  Dua hal yang kadang tidak berjalan beriringan. Hal ini pula yang mendorong Kementerian Informasi RI membuat terobosan kreatif. Bagaimana agar kabar pembangunan ini dapat diterima informasinya oleh masyarakat.


Peserta Flash Blogging yg cukup antusias.

Penggiat dunia maya, khususnya bloger, dianggap mampu menjembataninya. Sebagaimana disampaikan oleh Drs. Bayu Febriarino Putra yang mewakili Kepala Dinas Infokom DIY di depan 75 blogger DIY di Hotel New Saphir (6/4). Beliau berharap acara Flash Blogging yang mengambil tema “Menuju Indonesia Maju” ini ke depannya lebih ditingkatkan lagi intesitasnya.

Yogyakarta telah berkembang pesat di semua bidang. Teknologi informasi termasuk di dalamnya. Sehingga hal ini mendorong Dinas Kominfo untuk membangun ruang kreatif. Dimana para peminat TI bisa saling bersinergi menuangkan hasil kreativitasnya di tempat yang representatif. Ruangan yang didisain sebagai co-working space ini juga bisa menjadi familiar dengan difabel. Ternyata selama ini, hasil karya difabel juga cukup produktif di Yogyakarta. Oleh karena itu, tak segan Dinas Kominfo DIY untuk terus mendorong karya netizen ini.

Sementara itu Drs. Dedet Surya Nandika dari Direktorat Kemitraan Komunikasi Kemnterian Infokom menyampaikan bahwa acara seperti terus didukung oleh kementerian. Yogya juga sudah pernah mengadakan acara seperti ini pada 2016 yang lalu. Dalam kesempatan ini, beliau mewakili Dirjen Kementerian Kominfo sekaligus untuk membuka acara secara resmi.

Gus Mul berkisah tentang pengalaman dan tips ngeblog.

Berikutnya dalam materi pertama Agus Mulyadi menyampaikan materi Menulis Konten Kreatif. Berangkat dari awal pertama ngeblog hingga menjadi bloger hits seperti saat ini. Proses jatuh bangun dilalui dengan cukup dramatis. Diawali pekerjaan penjaga warnet, bloger, sekaligus penyuting fotosop kreatif.

Gus Mul, panggilan akrabnya, menjuluki blog sebagai ‘berkah hidup’. Menulis blog ternyata membuat pengaruh yang cukup besar. Cerita Nabila JKT48 pun menjadi inspirasi untuk menulis. Menurutnya, inspirasi dapat diperoleh dari hal yang sepertinya ‘remeh-temeh’. Dari berbagai tulisan yang cenderung humor, menarik berbagai penerbit untuk merilis sebagai buku. Hingga diterbitkannya buku pertama Bergumul Bersama Gus Mul.

Kemudian yang tak kalah penting adalah menentukan genre. Genre personal lebih menjadi pilihannya. Tema humor juga cukup rasional diterapkan dalam berbagai situasi. Sebab tema politik, agama, maupun ekonomi kurang dapat dikuasainya.

Gimmick juga perlu diperhatikan. Demikian juga ‘quote’. Hal itu bisa menjadi personifikasi dari pelempar quote. Sebagaimana quote yang biasa ditayangkan Gus Mul dalam artikel-artikelnya.

Dalam materi ke-dua, Andiko Darta dari Tim Komunikasi Keprisedenan RI lebih banyak memberikan motivasi. Tim ini bertugas mendengar masukan-masukan dari pelosok negeri. Sebab ditahun ke-4 kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pembangunan infrastruktur digenjot secara optimal. Sebab puluhan tahun ketertinggalan pembangunan infrastuktur yang harus dikejar.

Disamping itu, pembangunan SDM atau manusianya pun tak bisa ditinggalkan. Pemerataan pembangunan yang berkeadilan menjadi targetnya. Bukan keadilan dalam persamaan perlakuan. Diantaranya kebijakan yang berkeadilan itu adalah:

1.    Keberpihakan 40% masyarakat lapisan bawah.
2.    BBM satu harga terutama di Kalimantan dan Papua.
3.    Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah.
4.    KUR pada tahun 2016 tersalurkan sebesar 94,4 trilyun untuk kesejahteraan UMKM.
5.    Membangun pos lintas perbatasan, agar rakyat merasakan kehadiran negara.
6.    Membangun manusia dengan indikasi Indeks Pembangunan yang naik.


Selain itu, secara personal Presiden Jokowi membagikan lewat berbagai media sosial semua aktivitasnya. Hal tersebut sebagai upaya lebih mendekatkan sosok pemimpin kepada rakyatnya. Pun perkembangan pembangunan dapat terinformasikan secara realtime kepada masyarakat.

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon