Jumat, 20 April 2018

Sembutopia Untuk Indonesia Yang Sehat



Sahabat semua. Siapa sih yang tak ingin hidup sehat? Lalu seberapa besar keinginan kita untuk hidup sehat? Kemudian, langkah apa saja yang telah kita lakukan untuk hidup sehat?


Saya yakin, semua orang pastilah ingin sehat. Namun tak semua orang menyadari. Bahwa untuk hidup sehat dibutuhkan juga kebiasaan-kebiasaan yang sehat. Satu hal amat penting yang seringkali kita abai. Hingga pada satu titik kita menyadari. Sakit.


Sembutopia untuk Indonesia Sehat

Kafi Kurnia di hadapan para bloger dan Kompasianer Jogja. (foto pribadi)

Langka dan absurd. Dua kata untuk menggambarkan sosok yang satu ini. Kafi Kurnia, mantan kolumnis dan penulis yang menggagas perlunya gaya gidup sehat bagi anak negeri. Usaha kesehatan masyarakat selama ini biasanya dilakukan oleh pemerintah. Atau lembaga dan organisasi kemasyarakatan.

Tidak demikian dengan Kafi Kurnia. Niat dan usaha yang baik, pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik. Berangkat dari motivasi tersebut, beliu mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Melakukan aktivitas-aktivitas sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan aktivitas sehat tersebut, yang sakit pun akan lekas sembuh.

Memilih jargon #SEMBUH, #tipssembuh, #quotesembuh, #health, #healthylifestyle, #hope, #habitat, #happines, #gayahidupsehat, #sembutopia, #infosembutopia, memberi sugusti kepada kita semua bahwa sehat itu penting. Menjadi penggerak hidup sehat bukan semata-mata kerja pemerintah. Tapi setiap individu yang menginginkan hidup sehat, harus menjadi penggerak. Meski terkesan absurd, tapi inilah langkah kecil yang seharusnya kita lakukan.

Menjadi sembuh bukanlah mimpi. Pas banget dengan gerakan yang beliau namakan dengan SEMBUTOPIA. Sembu bukanlah utopia. Bila kita lakukan gaya hidup sehat.


Sembutopia Mengajak Bloger untuk Menjadi Agen Perubahan

Menjadi bagian dari bloger cinta gaya hidup sehat. (foto pribadi)

Bloger adalah penulis. Dengan tulisan-tulisannya dapat mempengaruhi masyarakat. Literasi digital hendaknya dapat memberikan nilai-nilai positif. Termasuk di dalamnya, mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Menjadikan kebiasaan hidup sehat sebagai gaya hidup dan budaya.

Hal tersebut disampaikan di depan puluhan bloger di Cielo 37 Cafe Grand Aston Yogyakarta, Sabtu (14/4) yang lalu. Memperingati Hari Kesehatan se-Dunia (jatuh pada 7 April), Sembutopia memperingati dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah merangkul para bloger untuk bersama-sama menggaungkan semangat bergaya hidup sehat.

Sebab ada hal yang cukup ironis di negeri ini. Di satu sisi, banyak terjadi kasus bayi maupun anak dengan kelebihan berat badan. Sementara di sisi yang lain, kasus stunting (gangguan pertumbuhan) sedang 'menghantui' anak-anak negeri ini. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013 menempatkan Indonesia menjadi negara paling tinggi kasus stunting di Asia Tenggara. 37% atau 8.9 juta jiwa anak sedang terancam gangguan pertumbuhannya. Artinya, 1 diantara 3 balita di negeri ini membutuhkan perhatian kesehatannya.

Miris sekali bukan? Terjadi di negeri yang dulu dijuluki lumbung padi dunia. Hal tersebut tentu tak lepas dari gaya hidup masyarakatnya. Minimnya informasi yang sampai pada masyarakat lapisan menengah ke bawah menjadi tantangan tersendiri.

Beliau mencotohkan satu kebiasaan sederhana. Kebiasaan makan nasi yang seolah sulit dihilangkan. Padahal di dalam nasi terkandung karbohidrat komplek. Kandungan itu juga terdapat dalam kentang. Sehingga pada daerah tertentu penghasil kentang, nasi bisa menjadi alternatif ke-dua sebagai makanan pokok.

Roti dari kentang alternatif pengganti nasi. (foto pribadi)

Demikian juuga untuk buah-buahan. Sebagai negara pengahasil buah tropis, ternyata masyarakat kita masih minim mengkonsumsi buah. Padahal vitamin, protein, serat, air, maupun kandungan mineral lain banyak terdapat di dalam buah-buahan. Kelihatan sepele bukan? Tapi terkadang kita sendiri belum mampu menerapkannya.

Nah, dengan pengetahuan serta kemampuan kita untuk menulis diharapkan kita mampu memberi warna. Gaya hidup sehat tak sekedar kebutuhan kita setelah sakit. Justeru gaya hidup sehat kita ciptakan agar kita tidak sakit. Untuk itu, Sembutopia juga mengajak para bloger menuliskan pengalaman terbaiknya seputar gaya hidup sehat. Sangat menarik bukan?


Lomba Blog Sembutopia


Lomba Blog SEMBUH


SYARAT & KETENTUAN LOMBA
.
1. Peserta bergabung dengan layanan SEMBUTOPIA dengan cara Like atau Follow akun-akun media sosial SEMBUTOPIA, yaitu Twitter @sembutopia dan Instagram @sembutopia
2. Artikel harus orisinal, bukan hasil plagiat dari karya orang lain dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
3. Konten artikel tidak melanggar tata susila dan nilai-nilai kepantasan (SARA, Saru, hoaks).
.
MEKANISME
.
1. Tema Lomba: Mari Bergaya Hidup Sehat
2. Artikel mengenai pengalaman menjalani hidup sehat dalam aspek tertentu atau saran/tips untuk bergaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3. Periode Lomba: 15 April 2018 – 10 Mei 2018. 
4. Panjang Artikel: 600-1.000 kata
5. Peserta wajib mencantumkan kata-kata Mari Sembuhkan Indonesia dan Gaya Hidup Sehat dalam tulisannya.
6. Peserta wajib mencantumkan label: SEMBUTOPIA, Mari Sembuhkan Indonesia, dan Gaya Hidup Sehat
7. Peserta wajib share artikel di akun media sosial yang dimiliki.
8. Artikel dimuat di blog masing-masing peserta.
9. Setiap Peserta harus mendaftarkan karya tulisnya ke email beritasembuh@gmail.com dengan menuliskan Nama dan Alamat sesuai KTP, serta Link Artikel
10. Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba, tidak bisa diikutkan lomba
11. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
12. Pemenang akan diumumkan setelah 15 hari kerja periode lomba selesai.

HADIAH
.
Juara 1 : uang tunai senilai Rp 2.000.000
Juara 2 : uang tunai senilai Rp 1.500.000
Juara 3 : uang tunai senilai Rp 500.000
.

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon