Senin, 23 April 2018

Tips Sederhana Masuk Halaman Utama Google

Masuk halaman utama Google, siapa takut? (foto pribadi)

Sebenarnya banyak artikel yang membahas cara menembus halaman satu Google. Atau bagaimana agar artikel kita masuk halaman utama Google. Namun saat kita coba, ternyata tidak mempan-mempan juga. Jauh panggang dari api. Tidak juga artikel kita masuk halaman satu utama Google. Apalagi masuk halaman pertama Google. Tentu hal itu membuat kita bete berat bukan?



Ada yang bilang untuk nyepam yang banyak saja di grup FB. Pakai akun kloningan. Buat spam backlink di blog zombie. Buat artikel sebanyak-banyaknya. Dan masih banyak saran yang mungkin malah buat kita bingung. Mana nih yang mau dipraktikkan.

Tulisan dari mas Cahyo Prasetyo ini mungkin bisa memberi pencerahan. Apalagi bagi saya yang memang senang belajar. Tentu mungkin akan beberapa yang tak sependapat. Tapi bagi sebagian yang lain, siapa tahu akan memperoleh manfaat yang besar. Nah, langsung saja ya.


Salah Besar


Hati-hati persespsi seperti ini. Google sedang update algoritma. Jadi akan lebih pintar lagi. Malahan blog ente kena pinalti oleh Google. Pakai Backlink spam tidak ada pengaruhnya ke mesin pencari Google. Hanya 5% saja. Malah lebih buruknya lagi, blog ente dicap blog sampah.
Isinya semua backlink.

Padahal artikel tanpa backlink, tanpa promosi bisa page terbaik. Ini adalah rahasia praktisi SEO. Taktiknya sederhana. Hanya penyebutan keyword saja yang dioptimalkan.

Anggapan SEO banyak salah paham (disalahpahami) oleh bloger. Sehingga terjadi stuffing keyword (penyebutan berlebihan). Yang mengakibatkan artikel honeymoon. Hilang di mesin pencarian. Artikel dengan pendek kata saja bisa tembus halaman terbaik. Hal itu karena penyebutan keyword yang bagus di mata Google.


Gunakan Kata Kunci Berulang di Pragraf Pertama


Menggunakan kata kunci dengan berulang di paragaraf pertama. Ini sering dilupakan. Padahal ampuh sekali. Kenapa gan? Karena Google mempunyai fitur "Spider view". Gunanya yaitu untuk menelusuri bagian judul, badan, dan penutup artikel.

Jadi, pengoptimalan kata kunci pada paragraf awal sangat ampuh. Dengan menyebutkan 3 sampai dengan 4 kali kata kunci secara berulang di paragraf awal tersebut. Hal ini akan membantu spider view untuk mengenali isi artikel ente. Apakah sesuai dengan kriteria Google? Atau malah sebaliknya.

Oleh karena itu, jangan lupakan strategi sederhana SEO ini. Fokuslah pada keyword utama!


Gunakan 3 - 5 Keyword di Judul


Jika ente sulit menang page pertama, bisa jadi ini masalah utamanya. Gagal bersaing dengan keyword yang ditargetkan. Kalau mau menang, maka gunakan 3 - 5 kata kunci model long tail di bagian judul.
Jangan cuma satu (1) kata kunci saja!

Seumpama kalah, ente kalah bersaing dengan kata kunci yang ditargetkan, maka ada poin kata kunci lain yang sudah masuk page terbaik. Otomatis pengunjung akan datang sendiri. Jadi jangan hanya fokus ke 1 kata kunci saja.

Ente bisa menggabungkan kata kunci dengan model sugesti Google yang ada di penelusuran terkait.


Masukkan Semua Keyword Sugesti Google di Artikel


Apa itu sugesti Google?
Itu merupakan kata kunci yang disarankan Google pada bagian penelusuran terkait. Ambil semua kata kunci tersebut! Lalu masukkan di tiap paragraf supaya tidak terjadi stuffing keyword.

Gunakan juga pengoptimalan heading menggunakan kata kunci penelusuran terkait. Hal ini karena spider view akan menelusuri seluruh badan artikel.. Mulai dari judul hingga ekor (paragraf terakhir).
Jadi, optimalkan ke tiap paragraf dengan kata kunci yang sudah disarankan Google.


Strategi Internal Linking


Memberikan link ke artikel lain menjadi nilai plus di mata Google. Malahan ini termasuk jenis artikel yang berkualitas bagi Google. Karena isinya merupakan rekomendasi ke artikel lain. Mkasimalkan internal link setidaknya 4 - 5 link.


Optimalkan dengan Gambar


Banyak orang bilang, SEO cuma fokuss ke artikel saja. Namun gambar juga perlu dioptimalkan dengan SEO. Ini termasuk nilai lebih untuk bisa menang di mesin pencari Google.

Gunakan gambar yang tidak termasuk milik orang lain. Ente bisa mengambilnya di pixabay.com (atau yang gratisan lainnya). Untuk mengoptimasinya cukup mudah. Klik properties pada gambar. Lalu masukkan alt text dan title text menggunakan keyword yang ada di judul.


Optimasi Deskripsi Artikel


Konten saja tidak cukup. Ente perlu lakukan optimasi di bagian deskripsi. Jangan lewatkan poin ini. Rata-rata blog yang menang di mesin pencari, selalu menerapkan poin ini. Malahan praktisi SEO juga tidak melupakan optimasi deskripsi.

Ente bisa mengoptimalkan dengan memakai keyword sugesti Google. Gunakan setidaknya 140 - 150 karkater. Jangan kurang dan jangan lebih! Itu merupakan strategi SEO sederhana yang sering dipraktikkan untuk menang di mesin pencari.

Kesimpulannya, tulis artikel yang berkualitas original. Optimalkan kata keunci di bagian pargraf awal. Lakukan pengulangan keyword utama. Lalu optimasi menggunakan sugesti Google. Jangan lupa, gunakan gambar yang sudah teroptimasi!






Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon