Senin, 11 Juni 2018

Produk Pegadaian Syariah yang Perlu Anda Tahu

Tags

Mengatasi masalah tanpa masalah. [foto dok. jateng tribunnews]


Pernah dengar pegadaian syariah? Yah, pegadaian syariah adalah pegadaian yang menggunakan konsep syariah atau mengikuti hukum Islam. Pegadaian syariah tentunya memiliki perbedaan dengan pegadaian konvensional. Dari sumber dana yang harus dipastikan kehalalanya, kemudian akad yang terdiri dai rahn dan ijarah sesuai syariah, dan pengenaan tarif berdasarkan taksiran marhun.


Tarif administrasi, kelebihan hasil penjualan dan penyelesaian perseteruan juga berbeda dengan pegadaian konvensional. Tarif administrasi di Pegadaian Syariah mengikuti plafon marhun, sedangkan kelebihan hasil penjualannya biasanya akan diarahkan atau disalurkan ke badan amil zakat. Sedangkan penyelesaian perseteruan biasanya akan dilakukan di badan di bawah MUI.

Sedangkan di pegadaian konvensional, sumber dana berasal dari pemerintah, modal sendiri atau pinjaman. Akad gadai mengacu pada undang-undang, dan bunga yang ditetapkan sudah sebesar 12,8% per 4 bulan. Tidak hanya itu, tarif administrasi juga sudah ditetapkan, dan kelebihan hasil penjualan dimasukkan ke kas Perum Pegadaian. Selanjutnya, penyelesaian perseteruan diselesaikan melalui pengadilan.

Sekarang pertanyaannya, apa saja produk dari Pegadaian Syariah? Simak ulasan berikut ini untuk menjadi pertimbangan Anda sebelum menggunakan pegadaian syariah.

1. Arrum
Ini produk pegadaian syariah yang memudahkan pengusaha kecil mendapatkan pinjaman dana. Tentu saja, seperti pegadaian, ada jaminan yang diperlukan yakni BPKP kendaraan.

2. Arrum Haji
Bila Anda ingin naik haji, namun tidak punya dana, maka produk pegadaian syariah yang satu ini bisa Anda gunakan. Dengan Arrum haji, Anda bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan biaya haji hingga total Rp 25 juta.

3. Amanah
Produk satu ini adalah pinjaman untuk pengusaha makro maupun karyawan. Amanah menjadikan Anda dapat memiliki kendaraan dengan bayaran yang diangsur.

4. Gadai syariah
Ini ditujukan untuk masyarakat umum, yang menginginkan atau membutuhkan dana cepat. Proses yang tidak lama, dan melewati proses akad yang tidak sampai 15 menit dengan barang jaminan tertentu, Anda sudah mendapatkan dana yang Anda butuhkan.

Nah, bila Anda membutuhkan dana atau perlu produk pegadaian syariah yang lain, tentu sudah bisa mempertimbangkannya, bukan? Cara-cara yang digunakan pegadaian syariah merujuk pada hukum Islam dan dijamin halal untuk Anda.

Apalagi cuma beberapa hari lagi Hari Raya Idul Fitri 1439 H. akan menghampiri. Bagi pemudik, tak perlu repot-repot menyimpan barang berharganya. Menitipkan secara aman. Sekaligus bisa buat modal mudik. Asyik kan? Kalau mau tanya-tanya dulu boleh loh. 




Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon