Kamis, 05 Juli 2018

Airy Room Yang Saya Suka

Transkrip chart room (1).

Seperti biasa. Rutinitas pagi dengan buka leptop. Pertama yang saya buka adalah imel. Ada 3 akun wajib yang mesti saya tengok. 2 akun pekerjaan. 1 akun pribadi. Meski bukan pribadi banget. Sebab si sulung saya beri akses juga. Bila kondisi emergensi.

Transkrip chat room (2).
Pas buka junk email: eh, ada yang keren. Padahal biasanya kalo lebih dari 10, langsung saya del. Kali ini beda banget. Karena keren, maka pantaslah kalau saya tulis di sini.

Imel dari Airy Rooms ini isinya transkrip pembicaraan. Kebetulan kemarin sempat kontak ke cs-nya. Customer service maksudnya. Biasa disebut "agent" kalau di AR.

Ini pengalaman ke-dua sebenarnya. Yang pertama, dengan agen bank asing. Tahunnya lupa. Sekitar 6 tahunan yang lalu. Kalau tak salah. Saat komplen masalah tagihan kartu kredit.

Bagi saya, model seperti ini akan memberi kesan positif. Konsumen merasa sangat dihargai. Apalagi yang berhubungan dengan jejak digital. Sebab tak perlu lagi menjawab 'nganu'. Jika suatu saat ditanya tentang permasalahan yang sama. Sebab kita masih punya catatannya. Runtut lagi.

Sebaliknya. Akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan. Jika konsumen komplen tentang layanan agennya. Bayangkan jika agen jengkel. Lalu bilang: Bapak paham tidak sih? Terus konsumen menjawab: Pala 'lo peyang!

Pasti gusar tapi ngakak. Bila saya jadi supervisor agen tersebut. Membayangkan dialog yang terjadi jika mereka beneran bertemu. Bisa-bisa adegan duel akan terjadi di akhirnya. Ngwahahaha....

Mau tak mau. Konsumen juga akhirnya dituntut cerdas saat bertanya. Coba seandainya saya ngeyel: hotelnya kok pelit amat kasih info, sih. Kemudian chat saya muncul di tulisan. Ah, betapa ngerinya diri saya.

Ini sudah seharusnya menjadi tren marketing. Complaint management akan memegang peranan penting dalam pemasaran. Konsumen yang kecewa, merasa tak dikecewakan. Sebab tetap mendapatkan solusi. Keluhan tetap ditanggapi dengan positif.

Semoga Airy Rooms selalu tingkatkan pelayanannya.



2 komentar

dari banyak layanan yang saya miliki, kebanyak sekarang live chat akan dikirim kembali ke email, terkadang ada juga penilaian juga tentang kesan selama chatting dengan cs nya.

Ya, sudah seharysnya demikian sih, mas.
Tapi bari Airy yg saya dapatkan.

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon