Jumat, 03 Agustus 2018

Ini Keunggulan Asuransi Syariah

Tags

Memberi hadiah karyawan dg asuransi syariah, tentu akan membahagiakan bukan?


Ingin mengikuti program asuransi namun takut asuransi yang dimaksud tidak sesuai dengan syariat Islam? Jangan khawatir, karena sekarang telah hadir asuransi syariah. Apa itu asuransi syariah dan apa saja keunggulannya?


Secara umum, asuransi syariah adalah asuransi yang memiliki dasar atau prinsip syariah. Prinsip syariah tentunya didasari oleh ta'awuni (saling menolong) dan takafuli (saling melindungi). Apa saja keunggulan dari asuransi yang satu ini?

Keunggulan pertama adalah transparansi pengelolaan dana. Tentu saja dana yang dimaksud adalah dana Tabarru' (kumpulan) yang didapat dari peserta asuransi syariah. Pengelolaannya sangat baik dan ditujukan secara syariah juga.

Keunggulan ke-dua adalah bebas riba, maisir dan gharar. Riba sering juga disebut bunga, maisir perjudian dan gharar berarti ketidak jelasan. Ketiga point tersebut dihindari penuh oleh asuransi syariah agar peserta asuransi benar-benar percaya dan yakin tanpa ragu.

Selanjutnya, keungulan ke-tiga adalah kelebihan dana dialokasikan dengan tepat dan transparan. Dana tabarru' tersebut dialokasikan 50 persennya kembali ke dana tabarru', 20 persen ke peserta yang dianggap memenuhi kreteria dan 30 persen ke perusahaan.

Kelebihan terakhir adalah ada banyak produk yang ditawarkan. Mulai dari asuransi harta benda seperti kebakaran, gempa bumi, bencana dan sebagainya. Ada juga asuransi rekayasa yang memberikan pertanggungan atau kerusakan mesin, material dan sebagainya yang terjadi karena kecelakaan atau tiba-tiba.

Masih ada juga asuransi pengangkutan barang, asuransi kapa, asuransi uang, asuransi tanggung gugat, asuransi kecelakaan, asuransi kebongkaran dan asuransi kecelakaan diri plus.

Untuk asuransi tanggung gugat, ada beberapa jenis produk, yakni public liability insurance, dan commercial general liability. Sementara itu, perbedaan antara asuransi kecelakaan diri dengan asuransi kecelakaan diri plus adalah, bila asuransi kecelakaan diri syariah memberikan jaminan terhadap dampak dari kecelakaan mulai dari cacat, biaya pengobatan hingga kematian. 

Sedangkan asuransi kecelakaan diri plus syariah memberikan jaminan terhadap kecelakaan, juga resiko pemutusan hubungan kerja akibat dari cacat yang Anda derita.
Tentunya, dengan banyak produk tersebut, Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk Anda gunakan, bukan? 
Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai mengasuransikan diri dan harta benda, yah!

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon