Sabtu, 01 Desember 2018

4 Golongan Manusia yang Tak Akan Disentuh Api Neraka

Saling bantu, saling dukung, saling menguatkan. (Foto pribadi)


(Rasulullah sallallahu ‘alaihi wassalam bersabda):

Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab:  tentu saja wahai Rasulullah! Beliau shallallahu ‘alaihi wasssalam menjawab: (Haram tersentuh api neraka orang yang) hayyin, layyin, qarib, sahl.

[HR. At Tarmizi dan Ibnu Hibban dsahihkan Al Albani]



Lalu apa yang dimaksudkan dengan empat golongan dalam hadis tersebut?

Hayyin. Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah. Penuh Pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Layyin. Orang yang lembut dan santun. Baik dalam bertutur kata atau bersikap. Tidak kasar. Tidak semaunya sendiri. Tidak galak. Tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. Tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

Qarib. Akrab. Mudah diajak bicara. Ramah dan menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Wajah yang selalu berseri-seri. Selalu terhias senyum saat bertemu orang lain. Selalu menebarkan salam.

Sahl. Orang yang tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap masalah. Tidak suka berbelit-belit. Tidak mau menyusahkan orang lain. Tidak mau membuat orang lain susah.

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon