Rabu, 24 Juli 2019

Mengenal HKI Agar Tak Sesat di Jalan


Embun pagi enggan beranjak. Meluruh jatuh satu-satu. Dari atas dedaunan dan bebatuan. Pun dengan diri ini yang masih saja sibuk dengan urusan ini itu. Pagi menjadi waktu yang begitu hiruk-pikuk.

Pun dengan pagi ini. Kamis, 25 Juli 2019. Ada momen yang harus ditunaikan. Undangan dari Dirjen Infokom Kemenkominfo harus dihadiri. Absen berarti bunuh diri. Sebab akan melukai hati mbak mimin Komunitas Blogger Jogja. Hahaha...




Meninggalkan gubug penceng dengan semangat '45. Meski hawa atis menerpa wajah. Seperti biasa, motor aku titipkan di Prambanan. Lalu lanjut dengan angkutan sejuta umat. Trans Jogja tercinta.

Alhamdulillah, lalu lintas begitu landai. Sehingga tak lebiih dari 20 menit, nyampai juga di halte portabel. Letaknya pas di seberang Hotel Sheraton Yogyakarta. Mengayunkan langkah kaki dengan pasti. Ternyata masih jam 07.55.

Eh, pas di pos sekuriti, bertemu dengan blogger juara, Arinta. Langsung cus ke lokasi acara deh. Ballroom Mataram yang letaknya di bagian depan komplek hotel. Masih sunyi senyap. Hanya ada dua orang panitia yang lagi santai. Langsung saja kami mengisi daftar hadir. Tepat nomor 1 dan 2.



Setelah mencari posisi duduk yang dirasa aman. Kami pun menyiapkan diri untuk belajar. Sedianya acara dimulai jam 09.00. Ternyata baru jam 09.50 acara dimulai. Tapi tidak apa-apalah. Telat tak sampai satu jam. Hihihi...

Sebagai nara sumber adalah:

  1. Drs. Bambang Gunawan, M.Si. (Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan keamanan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  2. Handi Nugraha, SH., MH. (Kasi Kerjasama Lembaga dan Monitoring Kemnekumham).
  3. Drs. Lucy Irawati (Kepala Dinas UKMK, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.
Bertindak selaku moderator adalah Rihari Wulandari, SH. MH.



Pemateri pertama adalah Drs. Bambang Gunawan, MSi. Materi pertama menyorot tentang Regulasi Hukum Kekayaan Intelektual di Indonesia.




Pemateri ke-dua adalah Handi Nugraha, SH. MH. Mengambil tema: Penanganan Konten Pelanggaran HKI di Dunia Siber.


Pemateri ke-tiga adalah Dra. Lucy Irawati. Mengambil tema: Memperkuat Ekonomi Kerakyatan dan Daya Saing Kota Yogyakarta.



Setelah sesi paparan, dilangsungkan sesi tanya jawab. Yang cukup mendapat tanggapan antusias dari para peserta.


Mengenal seluk beluk  HKI ternyata tak bisa dalam waktu yang singkat. Sebab begitu banyak aspek yang harus diperhatikan. Mengenal HKI bagi user sangat diperlukan. Agar tak sampai sesat di jalan. Atau malah kehilangan arah dalam pengembangan karya ciptanya.

Acara kali ini dikemas dengan cukup menarik. Sayangnya, untuk reportase on the spot, kurang mendapatkan proporsi waktu yang proporsional. Sebagaimana yang saya alami kali ini.

This Is The Newest Post

Karena semua orang bebas berpendapat, maka mohon komentar yang positif dan membangun. Jangan nyepam, plis. Kasihan yang mau komentar beneran. Matur nuwun atas pengertiannya ya.
EmoticonEmoticon